Close

Asesmen Kompetensi Abad 21-4C Bagi Guru SMKN 1 Kampar

4C? Apakah sobat tau apa itu?

4C
Kegiatan Pelatihan Asesmen Kompetensi Abad 21-4C

Pekanbaru, Riau – Asesmen kompetensi pada abad 21 menjadi topik utama pada pelatihan yang diadakan pada 22 Mei 2024. 4C merupakan kemampuan Critical thinking, Creativity, Communication, Collaboration pada pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL).

Pada 22 Mei 2024 Dosen Magister Pedagogi Sekolah Pascasarjana Unilak mengadakan kegiatan bagi guru SMKN 1 Gunung Sahilan, Kampar. Aula SMKN 1 Gunung Sahilan-Kampar menjadi tempat kegiatan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru mengenai 4C pada basis PjBL.

Asesmen ini merupakan hal penting untuk diukur pada pembelajaran abad 21 karena akan sangat dibutuhkan oleh peserta didik untuk dapat bersaing diera globalisasi.

Materi kegiatan ialah berupa tentang konsep, teknik penyusunan instrumen, dan penerapan asesmen kompetensi abad 21-4C pada pembelajaran berbasis PjBL. Peserta pelatihan dapat langsung untuk menyusun instrumen asesmen kompetensi abad 21 4C.

Baca Juga : Tingkatkan Kualitas Guru SMK Proskil Indonesia Dengan STEM

4C
Foto Bersama Para Guru SMKN 1 Gunung Sahilan, Kampar.

Sambutan yang begitu antusias dari para guru SMKN 1 Gunung Sahilan membuat para peserta mengaku mendapatkan banyak manfaat dari pelatihan ini, seperti pengetahuan baru tentang asesmen kompetensi abad 21-4C dan keterampilan dalam menyusun instrumen asesmen kompetensi abad 21-4C.

Muhammad Ifwandi, S.Pd yang merupakan kepala Sekolah SMKN 1 gunung Sahilan dan juga menjadi salah satu peserta pelatihan mengaku bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para guru. Mendapatkan pengetahuan baru tentang asesmen kompetensi abad 21-4C dan keterampilan dalam menyusun instrumen asesmen kompetensi abad 21-4C. Harapan mengikuti pelatihan ini agar dapat meningkatkan kompetensi para guru dalam menggunakan asesmen kompetensi abad 21-4C pada pembelajaran berbasis PjBL,

Dr. Marwa, M.A Selaku Ketua Pengabdian ini merupakan Ketua Prodi Magister Pedagogi Sekolah Pascasarjana Unilak menjadi narasumber dalam pelatihan ini, mengatakan bahwa asesmen kompetensi abad 21-4C merupakan hal yang penting untuk diukur dalam pembelajaran abad 21.

“Asesmen kompetensi abad 21-4C tidak hanya untuk mengukur pengetahuan peserta didik, tetapi juga untuk mengukur keterampilan dan sikap mereka. Dengan asesmen ini guru dapat mengetahui dengan baik perkembangan belajar peserta didik dan memberikan pembelajaran yang lebih terarah dan efektif,”

Dr. Marwa, M.A menjelaskan bahwa beliau berharap pelatihan ini dapat membantu para guru SMKN 1 Gunung Sahilan dalam meningkatkan kompetensi mereka dalam menggunakan asesmen kompetensi abad 21-4C pada pembelajaran berbasis PBL.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments
scroll to top