Close

Dosen Magister Pedagogi Pascasarjana Unilak Memberikan Pelatihan Ptk & Publikasi Artikel Ilmiah Bagi Guru Di Sman 1 Tempuling Tembilahan

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah WhatsApp-Image-2023-12-16-at-16.55.21_f3ab7202-1-1024x1024.jpg

Pada tanggal 30 September 2023, tim pengabdian Magister Pedagogi Sekolah Pascasarjana Unilak yaitu Dr. Marwa, M.A. dan Dr. Herlinawati, M.Ed. melaksanakan kegiatan workshop  PTK dan Penulisan Artikel Ilmiah via Zoom Meeting mulai pukul 08.00-12.00 WIB  dihadiri oleh 20 guru SMAN 1 Tempuling dan beberapa peserta   dari sekolah lainnya.

Kegiatan pelatihan  ini dilaksanakan berdasarkan beberapa permasalahan yang dihadapi oleh guru SMAN 1 Tempuling. Adapun masalah yang diidentifikasi oleh tim pengabdian adalah kurangnya pengetahuan dan pengalaman tentang bagaimana melaksanakan dan melaporkan PTK untuk dituliskan dalam penulisan artikel ilmiah, rendahnya kesadaran guru terhadap pentingnya meneliti dan menghasilkan artikel ilmiah yang berpotensi publikasi bagi profesi guru, minimnya pengetahuan guru tentang jurnal-jurnal ilmiah dimana mereka dapat menerbitkan artikel/karya tulis mereka, dan belum adanya media/rumah jurnal di lingkungan akademik mereka yang dapat mempublikasikan karya ilmiah guru baik yang cetak maupun yang online.

Berdasarkan penjelasan di atas, diperlukan suatu upaya berupa pelatihan untuk mengatasi permasalahan guru di sekolah mitra tersebut. Dalam hal ini, kegiatan yang akan dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan kepada guru agar dapat melaksanakan dan melaporkan PTK mereka untuk kemudian menulis hasil penelitian mereka dengan baik sesuai dengan kaedah penulisan sebuah artikel ilmiah untuk selanjutnya mereka mampu menghasilkan artikel ilmiah berpotensi publikasi.

Pada pelaksanaan pengabdian, beberapa langkah kegiatan diberikan yaitu: (1) berdiskusi secara berkelompok untuk membuat rumusan masalah PTK (2) menentukan strategi, model, teknik, dan media yang dapat digunakan sebagai solusi dalam masalah pembelajaran di kelas (3) guru-guru diberikan contoh artikel ilmiah yang merupakan hasil PTK yang sudah terbit di sebuah jurnal; (4) memberikan beberapa link jurnal PTK sebagai bahan rujukan (5) narasumber mendampingi peserta seperti memberikan penjelasan, revisi, masukan dan lain-lain dalam membuat latar belakang PTK yang dikaitkan dengan kaidah penulisan artikel ilmiah. Untuk penyempurnaan tugas PTK sebagai proyek penulisan dan publikasi artikel ilmiah, tim pelaksana pengabdian memberikan waktu selama selama 4 minggu kepada peserta.

Konsultasi penyelesaian tugas oleh peserta workshop dilakukan via WhatsApp. Akhirnya, tim pelaksana pengabdian  menyimpulkan bahwa kegiatan pelatihan PTK sebagai proyek penulisan dan publikasi artikel ilmiah bagi guru SMAN 1 Tempuling dan kolega dapat memberikan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan kepada peserta untuk melaksanakan PTK, melaporkan hasil PTK, menulis draft artikel ilmiah dan akan mempublikasikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments
scroll to top