Manajemen Keuangan yang kamu lakukan masih sering mengalami over budget dalam pengeluaran bulanan pada bisnis kamu? Suka khawatir jika terjadi sesuatu tapi gak punya dana darurat yang memadai? Simak dasar dalam memanajemen keuangan bisnis kamu.

Apa Itu Manajemen Keuangan?
Menurut Asep Mulyana, dkk dalam buku mereka yang berjudul Manajemen Keuangan, bahwasannya Manajemen Keuangan Ialah bagaimana perusahaan mendapatkan keuntungan dari hasil usaha mereka baik dalam segi jasa, dagang, ataupun produksi tertentu yang penggunaan dan pengalokasian dananya telah di perhitungkan secara matang.
Sepenting Apa Fungsinya?
Berikut sebagian besar dari fungsi manajemen keuangan ialah sebagai berikut:
- Keputusan Investasi
Salah satu fungsinya ialah sebagai pengambil keputusan untuk mendapatkan keuntungan (laba) yang lebih besar. Keuntungan dari bisnis yang kamu kelola dapat ditingkatkan dengan cara investasi. Keuntungan dari investasi tentu akan selalu berjalan maka keuangan semakin bertambah dan tetap mengalir dari berbagai sektor serta sumber investasi yang di lakukan oleh manajer keuangan setelah memperhitungkannya dengan matang. - Keputusan Pendanaan
Memutuskan dan pertimbangkan pendanaan dengan analisis yang tepat dapat mempengaruhi pemilihan nilai ekonomis dan pengeluaran sesuai dengan kebutuhannya, - Keputusan Dividen
Perhitungan laba dari keuntungan perusahaan tentu harus dibagiakan kepada pemegang saham atau pemilik modal sesuai modal yang ditanamkan tergantung seberapa besar kepemilikan sahamnya dan juga harus menyiapkan kisaran kebutuhan perusahaan. Jadi tidak semua di bagikan kepada pemilik saham sebagai dividen, dana sebagian besar di tahan untuk kepentingan dan keperluan operasional.
Baca Juga : Tingkatkan Ilmu Manajemen Kamu…
Tips & Trik Mengelola Keuangan
- Buat Rencana Anggaran
Dalam memanajemen keuangan, perlu merencanakan dan menetapkan anggaran jangka pendek dan jangka panjang dalam membatasi pengeluaran anggaran. Lakukan dengan bertahap dan rinci karena dengan membuat rencana anggaran akan membantu mengatur keuangan bisnis menjadi lebih bijak - Pisahkan Data Perusahaan dan Data Pribadi
Agar pembukuan keuangan menjadi lebih tertata dan terstruktur, kamu haruslah memisahkan mana data milik pribadi dan mana data perusahaan kamu. Dengan tujuan tersebut, maka kamu lebih mudah mengetahui kondisi keuangan pada perusahaan. - Siapkan Dana Darurat
Dalam suatu bisnis tidak selalu akan berjalan mulus. Meski telah merencanakan anggaran namun akan ada hal diluar prediksi yang bisa saja terjadi. Oleh karena itu kamu harus punya dana darurat khusus untuk bisnis kamu. - Mengelola Pinjaman Dengan Bijak
Pinjaman adalah alternatif lain yang dapat menjadi sumber dana pada perusahaan. Namun haruslah waspada dalam mengelolanya agar tidak menjadi beban dari bisnis kamu. - Membuat Laporan Keuangan
Laporan keuangan menjadi salah satu informasi penting mengenai pemasukan dan pengeluaran yang terjadi dalam bisnis kamu. Dengan adanya laporan keuangan maka kamu tidak perlu bingung lagi dengan detail arus lalu lintas bisnis kamu.