Close

Tingkatkan Kualitas Guru SMK Proskil Indonesia Dengan STEM

smk kesehatan proskil
Pengabdian di SMK Kesehatan Proskil Indonesia

Pekanbaru, 26 Oktober 2023. Dosen Sekolah Pascasarjana dari Universitas Lancang Kuning telah melaksanakan sebuah program pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk memperkaya pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan Proskil Indonesia di Pekanbaru dan Tualang Perawang. Program ini berjudul “Pelatihan Integrasi STEM dalam Pembelajaran pada Guru SMK Kesehatan Proskil Indonesia.”

STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) merupakan pendekatan interdisipliner yang bertujuan mengintegrasikan empat bidang ilmu tersebut dalam pembelajaran. Tujuan utama dari program ini adalah untuk memperkuat pemahaman guru dan penerapan STEM dalam kurikulum smk kesehatan proskil indonesia, yang berfokus pada ilmu pengetahuan dan keahlian kesehatan.

Tim dosen dari Universitas Lancang Kuning terlibat dalam program ini, membimbing guru-guru SMK dalam pengembangan rencana pelajaran yang mengintegrasikan STEM. Mereka memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana pendekatan STEM dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep ilmiah dan teknologi yang mendasar. Pelatihan ini mencakup workshop, sesi tanya jawab, serta pembimbingan individual kepada para guru.

Dr. Adolf Bastian, Sebagai ketua dalam pengabdian kepada masyarakat ini, menjelaskan bahwa “beliau sangat bersemangat untuk berkolaborasi dengan sekolah menengah kejuruan itu dalam memperkuat pembelajaran STEM. Program ini akan membantu guru-guru memahami bagaimana cara mengintegrasikan STEM ke dalam kurikulum mereka, yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah ini.”

Menurut salah seorang anggota pengabdian yaitu Erminasari menyatakan bahwa Pelibatan siswa SMK Kesehatan Proskil Indonesia oleh guru, untuk mengikuti proyek-proyek penelitian dan eksperimen ilmiah yang menerapkan konsep-konsep STEM dalam kehidupan sehari-hari tentunya akan memberikan kesempatan berharga bagi siswa untuk mendapatkan pengalaman praktis dalam ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematika.

Anggota pengabdian lain yaitu Raudhah awal menambahkan bahwa “Melibatkan siswa dalam penelitian ilmiah dan eksperimen STEM adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan motivasi dan minat mereka dalam memahami ilmu pengetahuan dengan cara bermakna. Kita sebagai pendidik harus selalu berusaha menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik untuk peserta didik agar tujuan Pendidikan itu sendiri dapat dengan mudah di capai.

Program pengabdian kepada masyarakat ini merupakan contoh nyata dari bagaimana perguruan tinggi khususnya Sekolah Pascasarjana Universitas Lancang Kuning dapat berperan aktif dalam meningkatkan pendidikan. Kolaborasi yang kuat antara Universitas Lancang Kuning dan SMK Kesehatan Proskil Indonesia di Pekanbaru dan Tualang Perawang akan membawa dampak positif dalam pengembangan siswa dan guru dalam menghadapi tuntutan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments
scroll to top