Close

UP SKILL Guru Dalam Merancang & Melaksanakan PjBL

Apakah sobat tau apa itu PjBL?

pjbl
Kegiatan Peningkatan Kompetensi Para Guru di SMAN 1 Tambusai Utara, Rokan Hulu

Pekanbaru, Riau 29 Mei 2024 – PjBL merupakan topik pembahasan Dosen Magister Pedagogi Universitas Lancang Kuning (Unilak) saat melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di SMAN 1 Tambusai Utara, Rokan Hulu, Riau. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran berbasis Project Based Learning.

Kegiatan ini berhasil menggait 80 orang peserta. Peserta berasal dari para jajaran Kepala Sekolah dan guru-guru SMAN 1, SMAN 5 serta SMKN 2 Tambusai Utara.

Rubiatun, S.Pd yang merupakan kepala sekolah SMA Negeri 5 tambusai Utara Rokan Hulu membuka acara dengan sambutannya. “PjBL merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan mengembangkan keterampilan abad ke-21. Penting bagi guru untuk memiliki kompetensi dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran berbasis PjBL” Ungkap Rubiatun, S.Pd dalam sambutannya.

Baca Juga : Asesmen Kompetensi Abad 21-4C Bagi Guru SMKN 1 Kampar.

Kegiatan PKM dipandu oleh Dr Marwa, S.Pd.I, M.A. yang merupakan ketua program studi Magister Pedagogi Unilak. Sebelum Dr Marwa, S.Pd.I, M.A membahas materi inti, para peserta diberikan pertanyaan melalui aplikasi Tricider.

Pertanyaan mencakup mulai dari pengertian Proyek, manfaat, jenis proyek, cara mengevaluasi dan rubrik penilai proyek tersebut. Pertanyaan tersebut dapat berguna agar pemateri bisa menyesuaikan tentang konsep, langkah-langkah merancang pembelajaran, serta praktik merancang hingga evaluasi pembelajaran PjBL sesuai pengetahuan peserta.

pjbl
Foto Bersama

Banyaknya pertanyaan yang datang kepada pemateri menandakan antusias para peserta tentang bagaimana menerapkan PjBL di kelas mereka.

Harapan dari kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran berbasis PJBL yang berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran di SMAN 1, SMAN 5 serta SMKN 2 Tambusai Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments
scroll to top